Asah Keterampilan, Ditjen PKP Gelar BIMTEK Peningkatan BUMDesa Bersama


  Senin, 05 Nopember 2018 Kegiatan Ditjenpkp

(JAKARTA) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 mengamanatkan pembangunan kawasan perdesaan dilaksanakan dalam rangka upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan publik, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa melalui pendekatan pembangunan partisipatif. Sebagai salah satu upaya strategi, maka pembangunan kawasan perdesaan di timgkat lokal diserahkan kepada Pemerintah Desa. Desa didorong untuk berinisiatif membangun sendiri, dengan pembangunan kawasan dilaksanakan Desa dalam wujud kerjasama antar-desa (bridging). Kerjasama antar-desa dalam rangka meningktakan pembangunan ekonomi di kawasan perdesaan ini dilakukan dengan dibentuknya Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di satu desa dan BUMDesa Bersama untuk kolaborasi antar desa pada kawasan perdesaan tertentu.

Namun, sejak lahirnya undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sampai dengan Permendesa Nomor Tahun 2015, hingga saat ini belum terdapat kesamaan pandang antara pemerintah dan pemerintah daerah terhadap BUMDesa dan BUMDesa Bersama. Sehingga, dalam perkembangannya belum optimal dan tidak merata di semua wilayah Indonesia. BUMDesa Bersama memerlukan percepatan kinerja guna mendukung pengembangan ekonomi kawasan perdesaan. Peningkatan kapasitas BUMDesa bersama melalui kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang terkait (stakeholder) BUMDesa Bersama mutlak diperlukan. Dalam upaya penyamaan pandangan dan peningkatan kapasitas dalam rangka pengelolaan BUMDesa dan BUMDesa bersama maka Direktorat Pembangunan Ekonomi Kawasan Perdesaan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas BUMDesa Bersama Tahun 2018.

Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas BUMDesa Bersama tersebut dilaksanakan pada tanggal 30 september s/d 2 November 2018 di Hotel Ciputra Jakarta dan dihadiri oleh 70 orang peserta yang terdiri dari unsur Pusat dan Daerah. Adapun tujuan dan sasaran dilaksanakannya kegitan tersebut adalah sebagai berikut;

Tujuan :

1)  Meningkatkan kapasitas dan kualitas aparat provinsi dan kabupaten dalam rangka memfasilitasi pendirian dan pembinaan BUMDesa Bersama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kawasan perdesaan;

2)  Meningkatkan pemahaman aprat provinsi dan kabupaten terhadap aspek teknis dan manajerial pengelolaan BUMDesa Bersama dalam rangka peningkatan kapasitas pelaku (pengelola) BUMDesa Bersama.

Sasaran :

1)   Terjadinya peningkatan kapasitas BUMDesa Bersama;

2) Tersedianya aparat provinsi dan kabupaten yang memahami aspek teknis dan manajerial pengelolaan BUMDesa Bersama sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.