Bimbingan Teknis Pembentukan dan Pengembangan BUM Desa Bersama


  Rabu, 07 Agustus 2019 Kegiatan Ditjenpkp

Bogor, 7 Agustus 2019. Direktorat Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas Ditjen Pembangunan Kawasan Perdesaan melangsungkan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Aparat Pemerintah Daerah dan Pelaku BUM Desa Bersama. Direktur Jenderal PKP Ibu Harlina Sulistyorini didampingi oleh Plt. Direktur Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas Bapak Siswa Trihadi membuka secara resmi kegiatan yang diikuti oleh 26 peserta dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan perwakilan 8 peserta dari BUM Desa Bersama serta 6 Peserta dari UKE II di lingkungan Ditjen PKP. Pada arahannya beliau menyampaikan bahwa Daerah agar fokus dalam menentukan tema Kawasan Perdesaan yang merujuk pada potensi dan komoditas utamanya. Inovasi dan kreatifitas dari kepala desa serta dukungan kerjasama yang baik dari pengurus BUM Desa Bersama menjadi kunci suskses keberhasilan peningkatan perekonomian dalam mensejahterakan masyarakat di Kawasan Perdesaan.

BUM Desa Bersama merupakan institusi yang melakukan pelayanan usaha antar desa dan merupakan milik 2 (dua) desa atau lebih. Posisi BUM Desa Bersama merupakan salah satu subjek pemberdayaan masyarakat desa dalam pembangunan Kawasan Perdesaan. Untuk lebih mempercepat pengarustamaan (mainstreaming) agenda pemberdayaan masyarakat desa dalam pembangunan Kawasan Perdesaan, BUM Desa Bersama memerlukan panduan implementasi kebijakan dalam melakukan perngorganisasian pelaku ekonomi desa, kerjasama pelayanan usaha antar desa dan pengembangan kapasitas terhadap asosiasi atau organisasi kerjasama yang telah diorganisir dengan memegang prinsip “Rekognisi, Subsidiaritas, Keberagaman, Kebersamaan, Kegotongroyongan dan Kekeluargaan, Musyawarah, Kesetaraan, Partisipasi dan Pemberdayaan.

Dari beberapa narasumber yang hadir pada kegiatan ini antara lain menyampaikan materi tentang Kanvas Model Bisnis, Kerjasama Desa dan materi Kelembagaan BUM Desa Bersama. Dengan pengetahuan baru ini semoga dapat meningkatkan pengetahuan aparatur pemerintah daerah dalam melakukan fasilitasi, konsultasi dan pembinaan kepada BUM Desa Bersama dan masyarakat dalam mengembangkan usaha sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Kegiatan yang berlangsung selama 4 (empat) hari ini nantinya juga akan melakukan kunjungan ke lokasi BUM Desa Bersama Garuda Jaya di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat  yang mempunyai salah satu jenis usahanya yaitu pengolahan tepung tapioka.