Pembekalan Peserta Latsar CPNS Kemendesa PDTT


  Selasa, 30 April 2019 Kegiatan Ditjenpkp

Direktur Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Pedesaan Ditjen Pembangunan Kawasan Pedesaan Drs. Mulyadin Malik, M.Si, memberkan materi dihadapan para CPNS Golongan III,IX,X dan XI Kemendesa, PDT dan Transmigrasi, guna membekali peserta untuk memahami visi, misi, tugas, fungsi, kebijakan serta dasar dasar tentang sumber daya alam kawasan pedesaan. di Kantor Balai Besar  Pengembangan Latihan Masyarakat di Jakarta Senin (29/4/2019).

Beliau menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan Pelatihan dasar bagi CPNS, yang dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai ASN, materi yang saya sampaikan adalah mengenai “Kebijakan Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan”. Dalam Pokok materi beliau menyajikan 5 Outline  (kerangka, regangan, garis besar, atau guratan), yaitu :

  1. Pengantar (Tusi) ,
  2. Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan,
  3. Pengelolaan Potensi SDA,
  4. Kebijakan  Pengembangan SDA Kawasan Perdesaan, dan
  5. Reformasi Birokrasi.

Outline Pertama  yang disampaikan adalah memahami isi dalam Peraturan Presiden utama “Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2015 Tentang Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi” karena merupakan Struktur Organisasi  di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi.

Dan Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 6 Tahun 2015 Tentang SOTK Kementerian Desa,  Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi, bagaimana tugas dan Bagaimana Menyeleggarakan Fungsi masing-masing dan mengetahui Sub Sektor masing masing dalam Struktur Organisasi di Direktorat Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan.

Outline Ke-Dua adalah materi untuk memahami apa itu Pembangunan Desa Dan Kawasan Perdesaan “Desa Membangun dan Membangun Desa” Apa ISU Pembangunan Desa, Bagaimana Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Desa Melalui Implementasi Nawacita Ke-3, Strategi Percepatan Pembangunan ‘Dari Pinggiran’ Desa sebagai fokus dan lokus utama pembangunan, Potret desa, Regulasi keberhasilan Pembangunan Pedesaan dalam Negara dan Pemerintah, Sumber Daya dan Tingkat Perkembangan di Desa. Selain itu pemahaman kedaulatan desa, kewenangan desa, sumber keuangan desa, mengurus urusan pemerintah desa dan mengurus urusan kepentingan masyarakat desa. Pembangunan Desa, Literasi Desa Guna Mewujudkan Pemerataan Melalui Percepatan Pembangunan Desa.

Outline Ke-Tiga, Pengelolaan Potensi SDA Pengembangan  Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (PRUKADES), terpenting mengetahui masalah pengelolaan sumber daya alam, karena sumber daya alam merupakan pendukung utama bagi kehidupan manusia, dan berkaitan erat dengan kegiatan ekonomi dan kehidupan masyarakat manusia yang mengarah kepada kecenderungan pengurasan (depletion) dan degradasi (degradation). “Pendekatan pembangunan desa dan kawasan perdesaan” Pengertian Desa/Desa Adat, dan Kawasan Pedesaan.  Posisi Strategis Kawasan Perdesaa “Kawasan Perdesaan Menjadi Pangkal dari Pendalaman dan Pembesaran Pembangunan Desa” Dan menyampaikan Program Pembangunan Kawasan Perdesaan.

Outline Ke-Empat, Kebijakan  Pengembangan SDA Kawasan Perdesaan, Utama Kegiatan Utama dan Kegiatan Pendukung.

Outline Ke-Lima, Reformasi Birokrasi dalam Penerapan Zone Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Seperti Reformasi Birokrasi, utama di lingkungan DITJEN PKP, terpenting adanya delapan area Perubahan dalam Reformasi Birokrasi