Rapat Kerja Ditjen PKP Tahun 2019


  Kamis, 31 Januari 2019 Kegiatan Ditjenpkp

Bogor 30 Januari 2019, Dirjen PKP Harlina Sulistyorini yang didampingi Sekretaris Jenderal Kemendesa PDTT dan para Direktur PPKP, PEKP, KSPK dan PSPKP dilingkungan Ditjen PKP membuka kegiatan Raker Ditjen PKP yang dilaksanakan selama 3 hari (30 Januari – 1 Februari 2019). Dalam sambutan pembukaan ibu Dirjen PKP menyampaikan bahwsannya tahun 2019 merupakan tahun terakhir pelaksanaan Kabinet Kerja, momen ini merupakan momentum evaluasi atas kinerja dari pelaksanaan program dan kegiatan. Target menguatkan 39 Pusat pertumbuhan dalam keterkaitan Desa–Kota pada tahun 2019 diharapkan tercapai dan Intervensi sudah masuk di lokasi Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) berdasarkan amanat Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, walaupun belum semua desa tergabung dalam delineasi kawasan perdesaan. Pencapaian tersebut merupakan kerja keras kita semua yang patut disyukuri. Namun,  capaian ini  tidak membuat kita  semakin jumawa dan berpuas diri. Sebab masih ditemui beberapa persoalan mendasar terkait  perencanaan, pelaksanaan dan  pengawasan dalam pelaksanaan kegiatan. Masih kurang sinkron  perencanaan dan pelaksanaan dengan lokus kawasan perdesaan yang sudah ditetapkan. Keterpaduan dan keterbukaan antar direktorat masih relatif belum kompak dan lebih terkesan eksklusif. Perlu disadari bahwa pencapaian secara output tidak serta merta diikuti dengan pencapaian outcome atau dampak, karena perlu dilakukan evaluasi substansi program.

“keberlanjutan keberhasilan Program Pembangunan Kawasan Perdesaan harus menjadi pondasi penting dalam penyusunan kegiatan Tahun 2020-2024” Ujar Sekretaris Jenderal, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Anwar Sanusi

Melalui forum Rapat Kerja ini diharapkan seluruh jajaran di Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan dapat menyegarkan kembali semangat, pemahaman terhadap apa yang menjadi tugas pokok dan fungsinya, melakukan evaluasi internal, mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan tahun 2019, dan  merumuskan rencana kegiatan tahun 2020 secara lebih baik.

Rapat Kerja Ditjen PKP diselenggarakan melalui mekanisme sidang Pleno yang terbagi 5 kelompok kerja yaitu: 1) Persiapan pelaksanaan tahun 2019, 2) Penyusunan perencanaan program tahun 2020, 3) Evaluasi pelaksanaan kegiatan tahun 2018, 4) Reformasi birokrasi, 5) Media publikasi.

Tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanakan kegiatan Raker Ditjen PKP Tahun 2019, adalah:

  1. Membangun pemahaman yang sama dan meningkatkan konsolidasi internal dari seluruh jajaran Ditjen PKP
  2. Melakukan evaluasi pelaksanaan program/ kegiatan Ditjen PKP Tahun 2018
  3. Memantapakan rencana pelaksanaan program/ kegitan Ditjen PKP Tahun 2019
  4. Melakukan sinkronisasi, koordinasi, dan sinergi program/ kegiatan Ditjen PKP