Pembekalan/Penyegaran Pendamping Manajemen dan Teknis Pembangunan Kawasan Perdesaan Tahun 2019


  Senin, 28 Januari 2019 Kegiatan Ditjenpkp

    Pembukaan Kegiatan Pembekalan/Penyegaran Pendamping Manajemen dan Teknis Pembangunan Kawasan Perdesaan dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2019 bertempat di New Ayuda Hotel Puncak dan dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan. Kegiatan yang diselenggarakan selama 4 hari ini (27 s/d 30) dihadiri oleh 148 orang pendamping kawasan perdesaan, pejabat esselon II, III, dan IV di Lingkungan Direktorat Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas. Inti dari paparan Dirjen PKP sebagaimana berikut ini:      

       Capaian keluaran pelaksanaan program/kegiatan Ditjen Pembangunan Kawasan Perdesaan mengalami tren positif sejak tahun 2015, dimana pada tahun 2015 capaian keluaran hanya 85% sedangkan pada tahun 2017 dan 2018 telah mencapai 100%. Namun demikian output yang dicapai belum memiliki nilai kemanfaatan yang maksimal. Oleh karena itu perlu dukungan dari pendamping kawasan perdesaan.

       Pelaksanaan fasilitasi pendampingan pembangunan kawasan perdesaan sudah memasuki tahun ke 4, sehingga diharapkan peran fungsi pendamping bukan lagi fasilitasi penyusunan legalitas kawasan perdesaan namun lebih diarahkan untuk optimalisasi pengawalan dan pendampingan kegiatan pembangunan kawasan perdesaan. Selain itu diharapkan pendamping kawasan perdesaan dapat memberi masukan untuk pembaharuan kebijakan pemerintah dan membantu memastikan bantuan yang telah diberikan termanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk:

1) Menjelaskan program dan kegiatan Ditjen PKP Tahun 2019

2) Memberikan pembekalan terkait kebijakan baru bidang pembangunan kawasan perdesaan dan penjelasan tupoksi pendamping kawasan perdesaan

3) Melakukan evaluasi pelaksanaan pendampingan pembangunan kawasan perdesaan tahun 2018 dan penyusunan Rencana Kerja Tindak Lanjut Tahun 2019