Raker Sinergitas Program Unggulan Kawasan Perdesaan Berbasis Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan


  Selasa, 04 Desember 2018 Kegiatan Ditjenpkp

Pada tanggal 15–18 November 2018 tepatnya di Grage Hotel Bengkulu, Direktorat Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan melaksanakan Rapat Kerja Sinergitas Program Unggulan Kawasan Perdesaan Berbasis Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan. 

Kegiatan yang bertujuan untuk Membahas potensi sumber daya alam kawasan perdesaan yang ada di daerah dan dikembangkan menjadi Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) dalam membangun kerjasama dan/atau kemitraan antara pemerintah, pemerintah daerah, dan pihak mitra usaha dalam pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).

Hadir sebagai narasumber Plt Direktur Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan, Staf Khusus Menteri Desa, PDTT; Direktur Perencanaan PKP; Direktur Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas. Kegiatan ini diikuti oleh pimpinan dan staf di lingkungan Ditjen Pembangunan Kawasan Perdesaan dan K/L terkait lainnya.

Berikut beberapa poin dari kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut :

  • Pemerintah menaruh perhatian serius pada pemanfaatan dan pengembangan sumber daya alam sebagaimana tertuang dalam Arah Kebijakan Umum Pembangunan Nasional 2015-2019 yang salah satunya adalah “Meningkatkan Pengelolaan dan Nilai Tambah Sumber Daya Alam  (SDA) yang Berkelanjutan”.
  • Sumber Daya Alam merupakan sumber daya yang sangat potensial yang tersebar di seluruh wilayah seperti sektor pertanian, perikanan, peternakan, pariwisata, dan sektor lainnya.
  • Sumber Daya Alam masih belum optimal dikelola dan dikembangkan oleh Pemerintah Daerah terlebih oleh masyarakat. 
  • Dengan demikian, Direktorat Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan, Ditjen. Pembangunan Kawasan Perdesaan, berinisiatif melakukan fasilitasi dan mengakomodasi untuk  mendorong pengembangan kawasan perdesaan menjadi “Pusat Pertumbuhan Ekonomi dan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades)”. 
  • Dalam rangka Sinergitas Program Unggulan Kawasan Perdesaan Berbasis Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan Tahun 2018, maka dilaksanakan rapat kerja bersama pemerintah, pemerintah daerah, mitra usaha untuk membangun kerjasama/ kemitraan.
  • Rapat kerja dilaksanaakan dengan Tema : “Pengembangkan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) Berbasis Sumber Daya Alam Dalam Meningkatkan Ekonomi Kawasan Perdesaan”.
  • Untuk lebih menguatkan langkah dalam membangun kerjasama dalam Pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) serta dapat diketahui oleh masyarakat secara luas,  selain Rapat Kerja tersebut,  juga  dilaksanakan  Talkshow dengan topik bahasan ”Strategi Membangun Kemitraan Usaha Berbasis Prukades yang Berdaya Saing dalam Mengembangkan Ekonomi Kawasan Perdesaan”.

Hasil yang diharapkan dengan dilaksananakannya kegiatan ini :

  • Adanya kesepahaman dalam pengembangan sumber daya alam kawasan perdesaan potensial dan dapat dikembangkan menjadi Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades); dan
  • Terwujudnya kerjasama/kemitraan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pihak dunia usaha dalam pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).