Sinkronisasi Antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Pengembangan SDA Kawasan Perdesaan Th 2018


  Senin, 03 Desember 2018 Kegiatan Ditjenpkp

Jakarta, 7-9 Nopember 2018 di Hotel Swissbell Residance Kalibata Jakarta Selatan Direktorat Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan melaksanakan Rapat Sinkronisasi Program dan Kegiatan Antara Kementerian/Lembaga dengan Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan Tahun Anggaran 2018.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Biro Perencanaan, Sekretariat Jenderal Kementerian Desa, PDTT; Direktur Penyiapan Kawasan Perhutanan Sosial, Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan; Asisten Deputi Agribisnis, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian, Kemenko Bidang Perekonomian; Para Direktur Lingkup Ditjen PKP; Para Kepala Dinas PMD Kabupaten Lokasi Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) : Kab. Pandeglang, Kab. Mesuji, Kab. Samosir, Kab. Tabanan, dan Kab. Maluku Tenggara Barat ; dan unsur Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi.

Tema kegiatan ini adalah  Sinkronisasi dan Sinergi Program Lintas Sektor Dalam Implementasi Arah Kebijakan Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan”. Hadir sebagai Narasumber Asisten Deputi Pemberdayaan Kawasan Perdesaan, Kementerian Koordinator PMK; Direktur Produksi dan Usaha Budidaya, Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan; Direktur PPHTP, Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian; Asisten Deputi Pengembangan Wisata Budaya, Kementerian Pariwisata.

Berikut beberapa poin yang dihasilkan pada kegiatan dimaksud :

  • Sinkronisasi program dan kegiatan antar K/L dan Pemerintah Daerah pada kawasan perdesaan adalah untuk mempercepat capaian dalam pengembangan SDA kawasan perdesaan (KPPN).
  • Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, Kemenko PMK sepakat bahwa perlu adanya sinkronisasi dalam program dan kegiatan dalam pengembangan SDA kawasan perdesaan.
  • Kemenko PMK sudah dan sedang memfasilitasi pengembangan potensi SDA kawasan perdesaan pada kementerian teknis.
  • Pemerintah daerah akan me-review Matrik Rencana Aksi Program Multi Sektor Pembangunan Kawasan Perdesaan sesuai kebutuhan Tahun 2019.
  • Hasil review akan dibuat Matrik Rencana Aksi Program Multi Sektor Pembangunan Kawasan Perdesaan sesuai kebutuhan Tahun 2019 oleh Pemerintah Daerah/Dinas PMD Kabupaten untuk melengkapi termasuk program/kegiatan yang akan dilakukan Pemerintah Daerah (APBD).
  • Usulan kegiatan sumber DAK dari Kementerian KP dan kementerian Pariwisata Tahun Anggaran 2019, pada Bulan Nopember 2018 sudah ditetapkan sehingga untuk sinkronisasi program dan kegiatan yang direncanakan pada satu kawasan (KPPN) belum berjalan sebagaimana yang diharapkan bersama.
  • Rencana Tahun 2019 Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Mesuji, dan Kabupaten Samosir direncanakan dana/kegiatan pendampingan dari APBD.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat capaian dalam pengembangan Sumber Daya Alam kawasan perdesaan (KPPN)