FGD Pengembangan Prukades untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kawasan Perdesaan


  Selasa, 12 Maret 2019 Kegiatan Ditjenpkp

Direktorat Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas pada tanggal 11 s.d 13 Maret 2019 di Sukabumi, melaksanakan kegiatan FGD Pengembangan Prukades untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kawasan Perdesaan. Acara dibuka oleh Direktur KSPK dan dihadiri oleh 200 Peserta yang berasal dari Pemerintah Daerah, Pengurus Bumdesma, dan Mitra Usaha.

Dengan nara sumber dari Dinas PMD Prov Jawa Barat, Dinas PMD Kab Sukabumi, Kab Cianjur, Kab. Ciamis, dan kab Garut. Narasumber swasta hadir dari PT. PPI, PT. Pasar Komoditas Nasional dan PT. HEXA agro, Narasumber Bumdesa Bersama Garuda Jaya kab. Sukabumi dan Bumdesma Gegerbentang Mandiri kab Ciamis.

Direktur KSPK, pada arahannya menyampaikan bahwa FGD kali ini adalah pertemuan untuk membangun kolaborasi Produk Unggulan Kawasan Perdesaan, melalui kerjasama antara Pemerintah Pusat, Pemda dan Pihak ke III serta melibatkan kelembagaan ekonomi Bumdes dan Bumdesma. Perdesaaan sebagai pusat produksi (hulu) membutuhkan pembinaan dan fasilitasi pengembangan kapasitas SDM, tehnologi, akses modal, kepastian pasar dan asuransi on farm. Produksi masyarakat tanaman pangan sangat membutuhkan pengelolaan pasca panen yang berkualitas dan kuantitas sehingga mampu dapat bermitra dgn pihak III sebagai sektor hilir atau off taker.

Dana Desa sebagai pilar ekonomi, selayaknya perlu mengarah kepada peningkatan SDM dan pengembangan ekonomi yg berbasis pada Sumber Daya Alam yang dimiliki sebagaimana aset yang dimilikinya.

Kekuatan daya saing ekonomi membutuhkan konsensus dan komitmen antar desa untuk membangun kemandirian kawasan melalui Bumdesma. Membangun kawasan perdesaan secara keberlanjutan,  butuh fasilitasi untuk membangun bersama-sama baik pemerintah, pihak ke tiga dan akademisi.