Peresmian Bantuan Usaha PI PRUKADES kepada Bumdes Bersama Wilis Sejahtera


  Jumat, 08 Maret 2019 Kegiatan Ditjenpkp

Kegiatan peresmian Rumah Pajang yang diinisiasi oleh pemerintah daerah Kabupaten Trenggalek dimaksudkan untuk memberikan apresiasi dan memberikan semangat atas kerja keras masyarakat dan pemerintah desa. Tanggal 6 Maret 2019 menjadi tonggak awal dimulainya pembangunan ekonomi di kawasan perdesaan agricultural estate Kecamatan Bendungan.

Sebagai salah satu kawasan perdesaan yang mendapatkan bantuan usaha dari Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan dalam bentuk Rumah Pajang adalah Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Melalui Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUM Desa Bersama) WILIS SEJAHTERA yang dibentuk atas kerjasama 8 desa yaitu Desa Botoputih, Dompyong, Surenlor, Masaran, Sumurup, Sengon, Srabah dan Depok, dengan menunjuk Sdr. Didik Widyanto sebagai motor untuk mendorong pemasaran dan perkembangan produk lokal ungulan mereka seperti susu olahan, tiwul instan, kopi, kripik dan aneka jamu instan.

Bantuan Usaha Pengembangan Inkubator Produk Unggulan (PI PRUKADES) yang berada di Jl. Raya Trenggalek-Bendungan Km 13, RT 32/RW 10. Dusun Kacangan, Desa Sumurup. Memiliki maksud utama untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam kawasan perdesaan yang memiliki produk unggulan dalam hal pemasaran dan penjualan serta promosi yang akan memberikan nilai tambah bagi produk-produk yang ada di kawasan perdesaan. Identifikasi awal dari bantuan ini adalah adanya produk-produk unggulan atau komoditi unggulan yang layak untuk dipasarkan/dijual akan tapi belum terkomunikasikan dan terpromosikan dengan baik sehingga perkembangannya tidak maksimal dan tidak memiliki efek domino secara ekonomi bagi masyarakat di kawasan perdesaan itu sendiri.

Dimulai dari acara ceremonial di pendopo kabupaten trenggalek, rombongan yang terdiri dari Sekjen Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Bapak Anwar Sanusi Ph.D didampingi langsung Wakil Bupati Trenggalek Bapak Mochammad Nur Arifin, Dirjen PKP Ibu Ir. Harlina Sulistyorini, M.Si., Direktur Ekonomi Bapak Drs. Lutfy Latief M. Si., serta para Direktur dilingkungan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dan pejabat dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek.