Webinar Mengelola Strategi Kolaboratif


  Jumat, 07 Agustus 2020 Kegiatan Ditjenpkp

Mungkin kritik dan kerisauan itu yang mendasari Bappenas pada Rabu (05/08/2020) menyelenggarakan Webinar Mengelola Strategi Kolaboratif Pembangunan Daerah Tertinggal, Kawasan Perbatasan, Perdesaan dan Transmigrasi. Kegiatan ini diikuti 3 Dirjen Kementerian Desa PDTT (PKP, PDT dan PKTrans), Kepala BPIW dan Sestama BNPP sebagai narasumber.

Direktur Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan, Harlina Sulistyorini pada paparannya menyampaikan tentang Dukungan Pelaksanaan Pembangunan Prioritas Nasional Bidang Pembangunan Kawasan Perdesaan pada RPJMN 2020-2024. Kegiatan Prioritas Pembangunan Kawasan Perdesaan akan menitik beratkan dan berfokus pada:
1. Peningkatan Kelembagaan Bumdes Bersama;
2. Peningkatan Kapasitas SDM, dan
3. Peningkatan Kolaborasi Kerjasama Antar K/L dan Kemitraan dengan BUMN/ Swasta.

Sinergi, kolaborasi dan konkrit dalam pelaksanaan untuk direalisasikan menjadi penting karena setiap Kementerian/Lembaga memiliki keterbatasan kemampuan dan sumberdaya dalam berkontribusi, sehingga pola kerja saling melengkapi satu sama lain menjadi hal yang tidak dapat ditawar lagi demi kemajuan dan percepatan pembangunan desa, kawasan transmigrasi dan kawasan perdesaan apalagi ditengah Pandemi Covid-19 ini

Semoga setelah ini sinergi dan kolaborasi bukan menjadi barang mewah yang tidak dapat dilakukan oleh banyak pihak. Bumdes/ Bumdes Bersama harus terus digerakan untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dikawasan perdesaan.

‘makan siang lauknya teri
enaknya sama sambal terasi
kawasan perdesaan tidak berarti
kalau kita tidak saling berbagi.’