Ditjen PKP Kemendesa PDTT ditunjuk sebagai Focal Point SOMRDPE Indonesia


  Rabu, 29 Juli 2020 Kegiatan Ditjenpkp

Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi sebagai Focal Point SOMRDPE Indonesia diwakili oleh Mulyadin Malik, selaku Direktur Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan dan Plt. Direktur Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan Ditjen Pembangunan Kawasan Perdesaan. Dalam agenda Virtual Meeting Forum The 2020 Extraordinary ASEAN-China Sosial Development Poverty Reduction Forum. Pertemuan ini diikuti oleh Perwakilan Pemerintah China, Organisasi International China-ASEAN, UNDP, FAO, Sekretariat ASEAN dan Perwakilan negara-negara ASEAN untuk menyampaikan langkah-langkah strategis Indonesia, melalui Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dalam hal penanganan pandemi Covid-19 yang menekankan pada pemanfaatan penggunaan dana desa melalui 3 bidang kebijakan yaitu :

1. Bidang Kesehatan, melalui kebijakan Desa Tanggap Covid (SE No.8 Tahun 2020 dan Permendesa No.6 Tahun 2020) dengan dibentuknya Relawan Desa Lawan Covid 19. Diharapkan dengan hadirnya relawan yang memberikan edukasi protokol kesehatan dan menyediakan peralatan kesehatan, maka tingkat kasus PDP dan positif Covid-19 jauh lebih rendah;

2. Bidang Sosial, melalui kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (Permendesa No.6 Tahun 2020) yang memiliki sasaran penerimanya adalah keluarga miskin yang tidak mendapatkan bantuan non pangan tunai, non penerima kartu kerja dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa disalurkan oleh Pemerintah Desa melalui metode nontunai setiap bulan.

3. Bidang Ekonomi, melalui kebijakan Padat Karya Tunai Desa (SE No.4 Tahun 2020, SE No.8 Tahun 2020 dan Permendes No.6 Tahun 2020) yang diharapkan dapat menekan angka pengangguran selama masa covid-19 dengan memanfaatkan penggunaan dana desa, sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada.

Selain program-program tersebut Pemerintah Indonesia juga melaksanakan program yang mendukung pengurangan kemiskinan selama masa pandemi Covid-19 antara lain melalui bantuan sosial, kartu prakerja, program keluarga harapan dan pemberian subsidi listrik.