Webinar #1-Temu Kenali Ide dan Potensi Usaha dalam Menghadapi New Normal


  Jumat, 24 Juli 2020 Kegiatan Ditjenpkp

Webinar #1-Temu Kenali Ide dan Potensi Usaha dalam Menghadapi New Normal.

Kali ini Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan berkolaborasi dengan Lembaga Administrasi Negara, @sipetek.id serta @musimpanen.id membahas tentang ide-ide bisnis yang dapat dikembangkan dengan memanfaatkan komoditas unggulan desa dan kawasan perdesaan, (23/07/2020)

Keynote Speaker oleh Direktur Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan, Harlina Sulistyorini, sekaligus membuka acara yang sebelumnya diawali Talking Point oleh Plt. Direktur Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas, Luthfy Latief. Webinar ini menampilkan Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi LAN, Tri Widodo Wahyu Utomo, CEO Musimpanen.id, Erdi Pratama dan CEO Sipetek.id, Aang Permana, dengan partisipasi peserta 386 orang, yang terdiri atas Jajaran Dinas PMD Kabupaten, Pendamping Desa/Kawasan Perdesaan, Pengurus Bumdes/Bumdesma, mahasiswa dan pegawai Kementerian Desa PDTT.

@sipetek.id sendiri adalah sebuah brand yang hadir memanfaatkan ikan lokal menjadi produk unggulan sebagai sumber pendapatan baru bagi warga desa, sedangkan @musimpanen.id adalah sebuah brand yang mengekstrak tanaman aromatik dan rempah-rempah untuk membantu petani dan membangun rantai industri baru dengan bahan alami dan berkelanjutan yang keduanya dipelopori oleh anak muda kreatif.

Melalui webinar ini diharapkan desa mampu menemukan ide dan potensi bisnis, serta termotivasi untuk membangun bisnis dengan memanfaatkan komoditas di perdesaan.

Kunci sukses dalam menjalankan usaha yaitu dapat dengan serius, semangat dan mampu berkolaborasi serta membuka connecting dengan kelompok yang berkompeten pada produk yang akan dikembangkan.

Strategi bagi para entrepreneur baru dapat membuat sampel produk yang akan diproduksi untuk ditawarkan ke buyer, dengan langkah seperti itu akan memperoleh masukan keinginan pasar dan konsumen sebelum diproduksi dalam jumlah besar.