Dirjen PKP Resmikan Rumah Makan Terapung "Saronde" Gorontalo Utara


  Senin, 30 Desember 2019 Kegiatan Ditjenpkp

Direktur Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan Harlina Sulistyorini resmikan Rumah Makan Terapung di Kabupaten Gorontalo Utara, tepatnya di Desa Katialada Kecamatan Kwandang, pada hari Senin, 30/12/2019. Rumah Makan Terapung merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan, Kemendesa PDTT yang bersumber dari dana APBN Tahun Anggaran 2019 untuk pengembangan Kawasan Perdesaan Ponelo Kepulauan.

Hadir dalam peresmian yaitu Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin beserta Jajaran OPD dan Forkopimda Kab. Gorontalo Utara, Ketua DPRD Kab. Gorontalo Utara, Kedis PMD Prov. Gorontalo, Staf Ahli Menteri Desa, PDTT Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal, Direktur Pembangunan Ekonomi Kawasan Perdesaan, Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana  Kawasan Perdesaan, Direktur Pengembangan SDA Kawasan Perdesaan, Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi Desa, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Camat, para Kepala Desa, Pendamping Desa dan Pendamping Kawasan Perdesaan, serta masyarakat setempat.  

Penyambutan Direktur Jenderal PKP diawali dengan berkendara Bentor sebagai alat transportasi khas Gorontalo secara beriringan 400 meter sebelum lokasi peresmian. Selanjutnya disambut dan diterima dengan LONGO (penerimaan secara adat) dan disambut dengan Tarian Saronde. 

Sebelum memasuki Rumah Makan Terapung yang diberi nama Rumah Makan Terapung “Saronde”, Dirjen PKP menandatangani prasasti Rumah Makan Saronde dan bersama dengan Bupati Gorontalo Utara melakukan pengguntingan pita sebagai tanda dibukanya Rumah Makan Terapung Saronde.   

Bupati dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih yang setingi-tingginya kepada Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, melalui Direktorat Jenderal PKP yang telah memberikan perhatian penuh kepada Kabupaten Gorontalo Utara selama tiga tahun terakhir.

Lebih lanjut dalam sambutan Dirjen PKP mengatakan bahwa kawasan  perdesaan  sebagai  bagian  dari   wilayah  kabupaten/kota secara umum menjadi sumber daya alam yang menjadi energi bagi pembangunan  daerah bahkan nasional. Oleh karenanya Dirjen PKP menaruh harapan yang besar kepada Pemerintah Gorontalo Utara untuk terus mengembangkan Kawasan Wisata Ponelo Kepualuan sebagai kawasan wisata andalan Kabupaten Gorontalo Utara.

Kabupaten Gorontalo Utara merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Gorontalo yang ditetapkan sebagai Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN). Salah satu potensi unggulan (Prukades) Kabupaten Gorontalo Utara adalah Industri Wisata. Perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Gorontalo Utara tepatnya di Ponelo Kepulauan kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan nusantara setiap tahunnya mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap Indeks Perkembangan Kawasan Perdesaan (IPKP), Kabupaten Gorontalo Utara masuk dalam status kawasan perdesaan “Mandiri”. Diharapkan kedepan Gorontalo Utara meningkat status kawasannya menjadi “Berdaya saing”

Sejalan dengan hal tersebut Kabupaten Gorontalo Utara telah menetapkan Kawasan Perdesaan Tahun 2017 dan menerbitkan Peraturan Bupati  Tentang Rencana Pembangunan Kawasan Perdesaan di Kabupaten Gorontalo Utara

Kawasan Perdesaan Ponelo Kepulauan terdiri dari 2 (dua) Kecamatan yaitu Kecamatan Kwandang dan Kecamatan Ponelo Kepulauan, yang meliputi 5 (lima) Desa, yaitu Desa Katialada, Desa Ponelo, Desa Otiola, Desa Tihengo dan Desa Malambe.

Dalam acara peresmian Dirjen PKP juga telah mengukuhkan pengurus BUM Desa Bersama Saronde,  dan diakhiri dengan melakukan pelepasan ikan bersama Bupati dan mengunjungi produk olahan makanan dari UMKM setempat.